Jonas Jasmin

Tipe Water Resistant pada Jam Tangan, Panduan Lengkap

Home » Uncategorized » Tipe Water Resistant pada Jam Tangan, Panduan Lengkap
Tipe Water Resistant pada Jam Tangan

Tipe water resistant pada jam tangan – Jam tangan bukan hanya aksesori penunjuk waktu, tetapi juga bagian dari gaya hidup modern. Dalam era di mana aktivitas sehari-hari dapat melibatkan air, memiliki jam tangan dengan kemampuan tahan air menjadi suatu keharusan. Artikel ini akan membahas secara mendalam tipe water resistant pada jam tangan, memberikan panduan lengkap untuk memilih dan merawatnya.

Ketika Anda melihat jam tangan dengan label “water resistant,” itu bukan sekadar klaim kosong. Tapi, apa artinya sebenarnya? Standar internasional menentukan sejauh mana jam tangan dapat melindungi dari air. Oleh karena itu, penting untuk memahami makna dibalik angka dan kata-kata yang menyertainya.

 

 

Tipe Water Resistant pada Jam Tangan

 

 

Ukuran Rating Water Resistant

Rating water resistant diukur dalam meter atau atmosfer (ATM). Rating ini menunjukkan sejauh mana jam tangan dapat melindungi dari tekanan air. Berikut adalah panduan singkat:

  • Splash Resistant: Cocok untuk melindungi dari cipratan air, seperti saat mencuci tangan. Meskipun tidak direkomendasikan untuk direndam, jam tangan ini memberikan perlindungan dasar.
  • Water Resistant (30-50 Meter): Cocok untuk berenang ringan atau snorkeling. Tidak dianjurkan untuk menyelam dalam waktu lama.
  • Diver’s (100 Meter atau Lebih): Dirancang khusus untuk menyelam, dapat digunakan dalam penyelaman dalam.

 

 

 

Baca Juga: Keunggulan Jam Tangan Waterproof, Memahami Manfaatnya

 

 

 

Tipe Water Resistant pada Jam Tangan

Tidak semua jam tangan water resistant setara. Beberapa jenis memiliki keunggulan tertentu dalam kondisi tertentu. Berikut adalah beberapa tipe water resistant yang umum:

 

 

  1. Splash Resistant

Jam tangan dengan tingkat keuletan air ini cocok untuk pemakaian sehari-hari. Mereka dapat melindungi dari cipratan air saat mencuci tangan atau berjalan di hujan ringan. Meskipun tidak direkomendasikan untuk direndam dalam air, tingkat keuletan ini memberikan perlindungan dasar.

 

 

2. Water Resistant (30-50 Meter)

Jam tangan dengan rating ini umumnya dapat digunakan untuk berenang ringan atau snorkeling. Cocok untuk aktivitas air sehari-hari, tetapi tidak dianjurkan untuk aktivitas menyelam yang dalam.

 

 

3. Diver’s (100 Meter atau Lebih)

Jam tangan diver’s dirancang khusus untuk kegiatan menyelam. Dengan rating 100 meter atau lebih, jam ini dapat digunakan untuk menyelam dalam air dalam waktu yang lama. Mereka memiliki fitur tambahan seperti bezel putar untuk mengukur waktu penyelaman.

 

 

 

 

Perawatan Water Resistant pada Jam Tangan

Ketika Anda memiliki jam tangan water resistant, perawatan yang tepat akan memastikan daya tahannya tetap optimal. Beberapa tips perawatan meliputi:

  1. Cek Kondisi Seal

Seals atau karet yang melindungi bagian dalam jam tangan dari air dapat mengalami keausan seiring waktu. Penting untuk secara berkala memeriksa kondisi seal dan memastikan bahwa mereka dalam keadaan baik.

 

 

2. Hindari Pemanasan yang Berlebihan

Paparan panas berlebihan dapat menyebabkan perubahan tekanan di dalam jam tangan dan mempengaruhi kemampuan water resistant. Hindari meninggalkan jam tangan Anda di bawah sinar matahari langsung untuk jangka waktu yang lama.

 

 

3. Bersihkan dengan Benar

Membersihkan jam tangan dengan cara yang benar juga penting. Anda bisa menggunakan air hangat dan juga sabun ringan untuk membersihkan jam tangan. Anda juga harus menghindari penggunaan air panas atau bahan kimia yang keras.

 

 

 

 

Inovasi Terkini dalam Water Resistant

Dunia jam tangan terus berkembang, dan inovasi terkini memberikan tambahan fitur untuk meningkatkan kehandalan water resistant. Beberapa inovasi termasuk:

 

 

  1. Teknologi Nano Coating

Beberapa produsen jam tangan menggunakan teknologi nano coating untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap air. Lapisan nano ini mampu menolak air dan partikel kecil, menjaga jam tangan tetap kering.

 

 

2. Sistem Anti-Condensation

Beberapa jam tangan dilengkapi dengan sistem anti-condensation untuk mencegah terbentuknya embun di dalam jam setelah terkena air. Ini menjaga kejernihan tampilan dan kinerja jam.

 

 

 

 

Dengan memahami ukuran, standar, tipe, dan perawatan water resistant pada jam tangan, Anda dapat memaksimalkan manfaat dan umur pakai jam tangan Anda. Pemilihan jam tangan dengan tingkat water resistant yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda akan memberikan kepuasan dan ketenangan pikiran saat menggunakannya, terutama ketika terlibat dalam berbagai aktivitas di sekitar air.

Untuk Anda yang sedang mencari jam tangan water resistant, tentunya Anda harus memilih tipenya berdasarkan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan jam tangan water resistant yang bisa digunakan sehari-hari, Anda bisa menggunakan jam tangan Jonas Jasmin. Dapatkan jam tangan wanita atau jam tangan pria dengan desain yang beragam hanya di official store atau distributor terdekat.