Jonas Jasmin

Sejarah Jam Tangan yang Perlu Kamu Ketahui!

Home » Uncategorized » Sejarah Jam Tangan yang Perlu Kamu Ketahui!
sejarah jam tangan

Sejarah Jam Tangan – Setiap benda di muka bumi jnj pastinya memiliki asal muasal atau sejarah bagaimana benda tersebut tercipta, berfungsi dan berguna untuk banyak orang, misalnya seperti jam tangan. Jam tangan tidak ditemukan begitu saja, jadi memang butuh proses untuk menemukan jam tangan yang biasanya kita gunakan saat ini.

Bagi Anda yang ingin tahu mengenai sejarahnya, Anda bisa menyimak informasi di bawah ini. Karena, dalam ulasan di bawah ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai sejarah jam tangan dari waktu ke waktu.

 

 

sejarah jam tangan

Sejarah Jam Tangan

Sejarah jam tangan dimulai sejak lama sebelum mesin jam dan jam tangan modern ditemukan. Pada awalnya, manusia menggunakan metode yang berbeda untuk mengukur waktu, seperti jam pasir, clepsydra (jam air), dan jam matahari.

Namun, jam tangan modern baru muncul pada abad ke-16, ketika Elizabeth I dari Inggris meminta sebuah “jam tangan bergaya” yang akan memungkinkannya untuk mengukur waktu dengan mudah saat melakukan aktivitas outdoor. Pada saat itu, jam tangan masih dianggap sebagai aksesori mewah dan hanya tersedia bagi orang kaya.

Pada abad ke-17, jam tangan mulai diproduksi secara massal. Jam tangan kantong pertama kali ditemukan pada tahun 1675 oleh seorang mekanik Inggris bernama Daniel Quare. Jam tangan kantong awalnya digunakan oleh para petugas kereta api dan penjaga waktu.

Pada awal abad ke-20, jam tangan menjadi lebih terjangkau dan lebih populer. Di tahun 1904, penerbang yang berasal dari negara Brasil, yang bernama Alberto Santos-Dumont, ia meminta Louis Cartier untuk membuat jam tangan yang mudah dilihat atau dibaca ketika terbang. Cartier kemudian menciptakan jam tangan Santos, yang menjadi salah satu jam tangan paling terkenal di dunia.

Pada tahun 1926, brand Rolex memperkenalkan pertama kali jam tangan di dunia pertama yang tahan air, yang dikenal sebagai Rolex Oyster. Pada tahun 1957, perusahaan swiss, Hamilton, memperkenalkan jam tangan pertama yang dijalankan dengan baterai. Dan pada tahun 1970-an, jam tangan digital menjadi sangat populer, dengan merek seperti Casio dan Timex memimpin pasar.

Saat ini, jam tangan telah menjadi aksesori yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pengukur waktu, tetapi juga sebagai fashion statement dan tanda status. Jam tangan modern dapat memiliki berbagai fitur, termasuk alarm, stopwatch, GPS, dan banyak lagi, dengan harga yang bervariasi dari yang terjangkau hingga yang sangat mahal.

 

Baca Juga: Cara Menyimpan Jam Tangan Dengan Baik!

 

 

Perkembangan Jenis Jam Tangan dari Waktu ke Waktu

Jenis-jenis jam tangan mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu, terutama dalam hal desain, teknologi, dan bahan pembuatan. Berikut ini adalah beberapa jenis jam tangan dari waktu ke waktu:

  1. Jam tangan mekanis: Jam tangan mekanis merupakan jenis jam tangan yang menggunakan pergerakan manual untuk menjalankan mekanisme jam. Jenis jam ini telah ada sejak abad ke-19 dan menjadi sangat populer pada awal abad ke-20. Jam tangan mekanis membutuhkan perawatan yang cermat dan biasanya lebih mahal dibandingkan dengan jenis jam tangan lainnya.

  1. Jam tangan otomatis: Jam tangan otomatis adalah jenis jam tangan mekanis yang menggunakan energi kinetik dari gerakan tangan untuk menjalankan mekanisme jam. Jam tangan otomatis diperkenalkan pada tahun 1920-an dan menjadi populer pada tahun 1950-an dan 1960-an. Jenis jam ini lebih praktis dibandingkan dengan jam tangan mekanis karena tidak perlu diatur secara manual.

  1. Jam tangan kuarsa: Jam tangan kuarsa adalah jenis jam tangan yang menggunakan kristal kuarsa untuk menjalankan mekanisme jam. Jenis jam ini diperkenalkan pada tahun 1969 dan menjadi sangat populer pada tahun 1980-an dan 1990-an. Jam tangan kuarsa memiliki akurasi yang tinggi dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

  1. Jam tangan digital: Jam tangan digital adalah jenis jam tangan yang menggunakan layar digital untuk menampilkan waktu. Jenis jam ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an dan menjadi sangat populer pada tahun 1980-an dan 1990-an. Jam tangan digital dilengkapi dengan fitur tambahan seperti alarm dan stopwatch.

  1. Jam tangan analog: Jam tangan analog adalah jenis jam tangan yang memiliki tampilan jam tradisional dengan jarum dan angka di dalam dial. Jenis jam ini telah ada sejak abad ke-18 dan masih populer hingga saat ini. Jam tangan analog memiliki kelebihan yaitu tampilannya yang elegan dan klasik.

  1. Jam tangan pintar (smartwatch): Jam tangan pintar atau smartwatch adalah jenis jam tangan yang dapat terhubung dengan smartphone dan memungkinkan pengguna untuk menerima notifikasi, memutar musik, dan bahkan mengukur denyut nadi dan tekanan. Jenis jam ini diperkenalkan pada tahun 2010-an dan semakin populer di kalangan masyarakat modern. Jam tangan pintar memiliki banyak fitur yang dapat membantu pengguna dalam aktivitas sehari-hari.

Itulah sejarah mengenai jam tangan tangan dari waktu ke waktu, mulai dari hanya para bangsawan yang bisa menggunakannya sampai dengan jam tangan yang bisa Anda gunakan untuk sehari-hari oleh semua kalangan yaitu jam tangan Jonas Jasmin. Jam tangan Jonas Jasmin menyediakan berbagai jenis jam, model jam  dan material yang berbeda-beda, sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan Anda.