Jonas Jasmin

Perbedaan Jam Tangan Water Resistant dan Waterproof

Home » Uncategorized » Perbedaan Jam Tangan Water Resistant dan Waterproof
Perbedaan Jam Tangan Water Resistant dan Waterproof

Perbedaan Jam Tangan Water Resistant dan Waterproof – Semakin canggih kemajuan teknologi, maka semakin canggih juga jam tangan yang bisa kita gunakan sehari-hari. Saat ini jam tangan memiliki berbagai fitur yang beragam yang bisa mendukung segala aktivitas harian Anda.

Salah satu fitur yang sangat berguna pada jam tangan adalah fitur water resistant dan juga waterproof. Terlihat sama, namun ternyata kedua fitur ini berbeda. Lantas apa saja perbedaanya? Untuk Anda yang ingin mengetahuinya, simak informasi ini.

Perbedaan Jam Tangan Water Resistant dan Waterproof

 

 

 

Pengertian Jam Tangan Water Resistant dan Jam Tangan Waterproof

Jam tangan water resistant adalah jam tangan yang dirancang untuk memiliki tingkat perlindungan terhadap kelembapan, cipratan air, atau paparan air dalam berbagai tingkat. Istilah “water resistant” mengacu pada kemampuan jam tangan untuk menahan masuknya air dalam batasan tertentu, tetapi tidak sepenuhnya kedap air. Aktivitas seperti menyelam, berenang, atau mandi dengan jam tangan yang memiliki tingkat ketahanan air rendah mungkin dapat merusak jam tangan tersebut. Selain itu, seiring berjalannya waktu, kemampuan tahan air jam tangan dapat berkurang karena keausan, usia, atau kondisi lainnya.

Sementara itu pengertian waterproof adalah jam tangan yang dirancang untuk tahan terhadap air dan kelembapan. Fitur ini memungkinkan jam tangan tersebut digunakan dalam berbagai situasi di mana terpapar air atau kelembapan adalah suatu kemungkinan, seperti saat berenang, menyelam, beraktivitas di luar ruangan di tengah hujan, atau bahkan hanya saat mencuci tangan. Jam ini bisa digunakan untuk aktivitas di dalam air seperti berenang atau menyelam. Dengan demikian, jam tangan waterproof dirancang untuk memberikan ketahanan terhadap air dan kelembapan sehingga penggunanya dapat menggunakannya dalam berbagai situasi tanpa perlu khawatir tentang kerusakan akibat kontak dengan air.

Perbedaan Jam Tangan Water Resistant dan Jam Tangan Waterproof

Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara jam tangan water resistant dan waterproof:

  1. Tingkat Perlindungan Air:

   – Water Resistant: Jam tangan water resistant dirancang untuk menahan kelembapan, cipratan air, atau paparan air dalam tingkat tertentu. Tingkat ketahanan air yang dinyatakan pada jam tangan water resistant, seperti 30m, 50m, 100m, atau 200m, mengacu pada tekanan air statis yang diuji dalam kondisi laboratorium. Meskipun demikian, tingkat ketahanan air ini tidak selalu menggambarkan kemampuan jam tangan dalam situasi sehari-hari atau aktivitas air yang lebih ekstrem.

   – Waterproof: Jam tangan waterproof, seperti yang tersertifikasi oleh standar industri tertentu, menawarkan tingkat perlindungan air yang lebih tinggi daripada water resistant. Mereka secara harfiah berarti kedap air. Jam tangan waterproof biasanya dirancang untuk mampu bertahan dalam lingkungan yang lebih ekstrem, termasuk menyelam pada kedalaman yang signifikan. Mereka dilengkapi dengan fitur khusus, seperti sistem kunci kron atau segel gasket yang lebih kuat, untuk mencegah masuknya air ke dalam mekanisme jam tangan.

 

Baca Juga: Apa Itu Jam Tangan Water Resistant 

 

 

  1. Aktivitas yang Disarankan:

   – Water Resistant: Jam tangan water resistant umumnya cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari yang melibatkan paparan kelembapan atau cipratan air ringan, seperti mencuci tangan, hujan ringan, atau terkena sedikit air saat mencuci piring.

   – Waterproof: Jam tangan waterproof direkomendasikan untuk digunakan dalam aktivitas air yang lebih ekstrem, seperti menyelam, snorkeling, atau renang di kedalaman yang signifikan. Mereka dirancang untuk menahan tekanan air yang lebih tinggi dan memberikan perlindungan yang lebih baik dalam lingkungan air yang lebih dalam dan intens.

  1. Sertifikasi:

   – Water Resistant: Jam tangan water resistant biasanya tidak memiliki sertifikasi khusus atau standar industri yang ditetapkan. Tingkat ketahanan air yang dinyatakan pada jam tangan ini hanyalah indikasi kemampuan relatif mereka dalam menahan air.

   – Waterproof: Jam tangan waterproof dapat memiliki sertifikasi tertentu, seperti ISO 6425 untuk jam tangan penyelam. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa jam tangan telah lulus tes dan memenuhi standar tertentu untuk ketahanan air, tahan tekanan, dan fitur keselamatan lainnya.

Perlu diingat bahwa meskipun istilah “water resistant” dan “waterproof” digunakan untuk membedakan tingkat ketahanan air pada jam tangan, tidak ada jaminan mutlak bahwa jam tangan akan selalu tahan air dalam setiap situasi. Faktor-faktor seperti keausan, usia, kondisi perangkat, atau kegagalan dalam mengikuti petunjuk penggunaan dapat mempengaruhi kemampuan tahan air jam tangan tersebut.

Itulah ulasan mengenai perbedaan jam tangan water resistant dan jam tangan waterproof. Untuk Anda yang ingin bergaya dengan menggunakan jam tangan water resistant atau waterproof, Anda bisa mendapatkan jam tangan tersebut di Jonas Jasmin. Jonas Jasmin menyediakan beragam jenis jam tangan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan keperluan Anda.