Jonas Jasmin

Komponen Jam Tangan yang Perlu Anda Ketahui!

Home » Uncategorized » Komponen Jam Tangan yang Perlu Anda Ketahui!
komponen jam tangan

Komponen Jam Tangan – Jam tangan merupakan salah satu benda yang memiliki fungsi untuk melihat waktu. Jam tangan sendiri sebenarnya terdiri dari berbagai komponen yang tersusun, sehingga jam tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Lantas, apa saja komponen yang ada pada jam tangan? Untuk mengetahuinya, simak informasi di bawah ini.

komponen jam tangan

 

 

Komponen Jam Tangan

Berikut ini adalah beberapa komponen jam tangan yang perlu diketahui:

 

Crown

Dalam konteks jam tangan, istilah crown merujuk pada mahkota atau tombol yang ada di sisi tangan jam untuk mengatur waktu, tanggal, atau fungsi lainnya. Crown biasanya terletak di sebelah kanan atau kiri jam tangan, tergantung pada desain dan mereknya.

Crown berfungsi sebagai pengatur jam tangan. Dengan memutar crown ke arah yang sesuai, pengguna dapat mengatur jarum jam dan menyesuaikan waktu di jam tangan. Pada beberapa jam tangan, crown juga dapat ditarik keluar untuk mengatur tanggal atau fungsi tambahan lainnya, seperti stopwatch atau alarm.

Crystal

Komponen crystal pada jam tangan merujuk pada material transparan yang melindungi dial (wajah) jam tangan dan menjaga mekanisme jam tetap terlindungi. Crystal pada jam tangan biasanya terbuat dari bahan dasar seperti kaca, mineral, atau safir.

 

Baca Juga: Material Jam Tangan, Apa Saja Ya?

 

 

 

Dial

Komponen “dial” pada jam tangan adalah bagian yang menunjukkan waktu dan berfungsi sebagai tampilan utama jam. Dial juga sering disebut sebagai “wajah” jam tangan. Dial terletak di tengah jam tangan di bawah crystal dan biasanya terdiri dari beberapa elemen seperti angka, indeks, jarum, subdial dan lainnya.

Indeks

Komponen pada jam tangan yang selanjutnya adalah indeks. Indeks pada jam tangan adalah tanda atau marka yang digunakan untuk menandai posisi atau pengukuran waktu di sekitar dial. Indeks berfungsi sebagai pengganti angka pada dial dan membantu pengguna dalam membaca waktu dengan lebih akurat. Indeks umumnya berbentuk garis, titik, atau kombinasi keduanya.

Hand

Maksud dari istilah hand disini bukanlah berarti tangan, namun istilah hand pada jam tangan merujuk pada jarum-jarum yang bergerak di atas dial untuk menunjukkan waktu. Biasanya, ada tiga jenis hand yang umum ditemukan pada jam tangan analog yaitu jarum yang menunjukkan jam, menit dan juga detik.

Selain ketiga jarum tersebut, beberapa jam tangan dapat memiliki jarum tambahan, seperti jarum GMT untuk menunjukkan zona waktu tambahan atau jarum subdial untuk menunjukkan fungsi tambahan seperti tanggal, fase bulan, atau stopwatch.

Jarum-jarum pada jam tangan biasanya terbuat dari logam, seperti stainless steel atau emas, dan mereka dipasangkan dengan baut atau poros yang memungkinkan mereka bergerak dengan lancar dan akurat di sepanjang dial jam tangan.

Bezel

Bezel pada jam tangan adalah komponen yang mengelilingi atau melingkari bagian luar dial atau crystal. Bezel terletak di antara crystal dan bagian tepi jam tangan. Bezel biasanya bisa memberikan sentuhan estetika pada jam tangan. Karena, bezel memiliki berbagai bentuk, gaya, dan finishing untuk memberikan tampilan yang unik dan menarik pada jam tangan. Bezel dapat menjadi elemen desain yang mencolok dan membedakan jam tangan dari yang lain.

Bezel juga juga memiliki fungsi sebagai pelindung tambahan untuk crystal jam tangan. Bezel dapat membantu melindungi crystal dari goresan, benturan, dan kerusakan lainnya yang mungkin terjadi dalam penggunaan sehari-hari. Bezel yang tahan lama dan kuat dapat meningkatkan ketahanan keseluruhan jam tangan.

Case

Case pada jam tangan merujuk pada bagian luar atau “casing” yang melingkupi mekanisme jam, dial, dan komponen lainnya. Case adalah kerangka yang memberikan struktur dan perlindungan pada komponen internal jam tangan.

Selain itu, case juga memiliki peranan sebagai lapisan pelindung yang melindungi mekanisme dan komponen internal jam tangan dari kerusakan fisik, debu, air, dan faktor lingkungan lainnya. Case yang kokoh dan tahan lama memberikan perlindungan yang diperlukan untuk menjaga jam tangan tetap berfungsi dengan baik dan awet.

Movement

Movement pada jam tangan merujuk pada mekanisme internal yang menggerakkan jarum-jarum dan memberikan fungsi waktu pada jam. Movement juga dikenal sebagai mesin atau caliber jam tangan. Movement merupakan inti dari jam tangan, yang memungkinkan fungsi waktu yang akurat. Pemilihan movement pada jam tangan bergantung pada preferensi, kebutuhan, dan anggaran pengguna.

Rotor

Fungsi rotor pada jam tangan automatic adalah mengubah gerakan tangan pengguna menjadi energi kinetik yang mengisi pegas utama. Dengan adanya rotor, jam tangan automatic tidak memerlukan penggantian baterai secara teratur karena energi dapat dihasilkan secara otomatis melalui gerakan pengguna.

Rotor pada jam tangan automatic dapat ditemukan di bagian belakang jam tangan, di mana mereka terlihat melalui jendela transparan yang biasanya terbuat dari kaca atau kristal. Pengamat dapat melihat rotor bergerak saat jam tangan digunakan atau digerakkan. Dengan bantuan rotor, jam tangan automatic menjadi lebih praktis dan nyaman, karena tidak memerlukan pengaturan manual atau penggantian baterai.

Lugs

Lugs pada jam tangan merujuk pada bagian yang menonjol di kedua sisi case jam tangan di mana strap atau bracelet dapat dipasang. Lugs berfungsi sebagai titik koneksi antara case jam tangan dan strap/bracelet.

Fungsi lugs pada jam tangan adalah untuk mempertahankan strap atau bracelet agar tetap terhubung secara aman dengan case. Lugs juga memberikan stabilitas pada strap atau bracelet, menghindarkan mereka dari pergeseran atau terlepas dari jam tangan saat digunakan.

Strap

Strap pada jam tangan adalah tali atau gelang yang digunakan untuk memasang jam tangan pada pergelangan tangan. Strap terletak di antara case jam tangan dan pergelangan tangan pengguna.

Strap pada jam tangan dapat dengan mudah diganti sesuai keinginan Anda sebagai pengguna. Setiap jenis strap memberikan tampilan dan nuansa yang berbeda pada jam tangan, sesuai dengan gaya dan ketertarikan masing-masing pribadi. Pemilihan strap pada jam tangan bergantung pada gaya, kegiatan, dan kenyamanan yang diinginkan oleh pemilik jam tangan.

Itulah beberapa komponen jam tangan. Untuk Anda yang sedang mencari jam tangan dengan berbagai gaya, Jonas Jasmin menyediakan berbagai model jam seperti model jam tangan formal, elegant, klasik, sporti dan lainnya, yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan atau keperluan Anda.