Jonas Jasmin

Jenis-Jenis Glass pada Jam Tangan, Beragam dan Multifungsi!

Home » jam tangan couple » Jenis-Jenis Glass pada Jam Tangan, Beragam dan Multifungsi!
jenis-jenis glass pada jam tangan

Jenis-Jenis Glass pada Jam Tangan – Glass pada jam tangan bukanlah elemen yang sepele. Sebaliknya, ini adalah salah satu komponen utama yang menentukan kekuatan, ketahanan, dan tampilan keseluruhan jam tangan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis glass yang sering digunakan dalam pembuatan jam tangan, serta karakteristik dan keunggulan masing-masing jenis.

 

 

jenis-jenis glass pada jam tangan

 

 

Jenis-Jenis Glass pada Jam Tangan

Berikut ini adalah jenis-jenis glass pada jam tangan:

 

 

  1. Sapphire Crystal

Sapphire crystal adalah salah satu jenis glass paling premium yang sering digunakan dalam jam tangan mewah. Dibuat dari kristal sintetis yang sangat keras, sapphire crystal memiliki tingkat ketahanan terhadap goresan yang luar biasa tinggi. Ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk mereka yang menginginkan jam tangan dengan tampilan yang tajam dan tahan lama. Sapphire crystal juga memiliki kejernihan optik yang tinggi, memberikan tampilan yang jernih dan transparan dari dial dan fitur jam tangan.

 

 

  1. Mineral Glass

Mineral glass adalah salah satu jenis glass yang paling umum digunakan dalam pembuatan jam tangan. Dibuat dari bahan mineral yang diperkuat, mineral glass menawarkan kombinasi yang baik antara ketahanan terhadap goresan dan biaya produksi yang terjangkau. Jam tangan dengan mineral glass cenderung lebih terjangkau daripada yang menggunakan sapphire crystal, namun tetap mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap komponen internal jam tangan.

 

 

  1. Hardened Glass

Hardened glass adalah jenis glass yang telah melalui proses pemanasan dan pendinginan yang khusus untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanannya terhadap goresan dan tekanan. Meskipun tidak sekuat sapphire crystal, hardened glass masih mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap jam tangan dalam penggunaan sehari-hari. Jenis glass ini sering digunakan dalam jam tangan dengan harga menengah.

 

 

  1. Acrylic

Acrylic adalah jenis glass yang paling umum digunakan dalam jam tangan yang lebih terjangkau. Meskipun kurang tahan terhadap goresan dan goresan dibandingkan dengan jenis glass lainnya, acrylic memiliki beberapa keunggulan, termasuk ringan, fleksibel, dan mudah dibentuk. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk jam tangan anak-anak atau jam tangan olahraga yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

 

 

  1. Gorilla Glass

Gorilla Glass adalah jenis glass yang dikembangkan oleh perusahaan Corning dan umumnya digunakan dalam ponsel pintar dan perangkat elektronik lainnya. Namun, beberapa produsen jam tangan juga mulai menggunakan Gorilla Glass dalam pembuatan jam tangan mereka karena ketahanannya terhadap goresan, tekanan, dan guncangan. Gorilla Glass menawarkan kombinasi yang baik antara kekuatan, ketahanan, dan kejernihan visual.

 

 

Baca Juga: Peran Glass pada Jam Tangan, Kejernihan dan Keindahan

 

 

  1. Plexiglass

Plexiglass, juga dikenal sebagai acrylic glass, adalah jenis glass yang terbuat dari polimetil metakrilat (PMMA), sebuah bahan plastik yang kuat dan ringan. Plexiglass sering digunakan dalam jam tangan vintage dan jam tangan olahraga karena kemampuannya untuk menahan tekanan dan guncangan tanpa pecah. Namun, plexiglass rentan terhadap goresan, sehingga perlu perawatan khusus untuk menjaga penampilannya.

 

 

  1. Kristal Mineral

Kristal mineral adalah jenis glass yang terbuat dari material mineral alami, seperti kaca kwarsa atau kaca garnet. Meskipun kurang umum digunakan dalam jam tangan modern, kristal mineral masih memiliki beberapa keunggulan, termasuk ketahanan yang baik terhadap goresan dan biaya produksi yang relatif rendah.

 

 

  1. Kaca Sapphire Kaca

Sapphire kaca adalah variasi dari sapphire crystal yang menggunakan proses produksi yang lebih sederhana dan biaya yang lebih rendah. Meskipun tidak sekuat sapphire crystal asli, sapphire kaca masih menawarkan tingkat ketahanan yang tinggi terhadap goresan dan tampilan yang jernih.

 

 

  1. Kaca Hardened Mineral

Hardened mineral glass adalah jenis glass yang menggabungkan kekuatan dan ketahanan mineral glass dengan proses pemanasan dan pendinginan yang khusus untuk meningkatkan kekuatannya. Jam tangan dengan kaca hardened mineral biasanya memiliki harga yang terjangkau namun tetap menawarkan perlindungan yang baik terhadap goresan dan tekanan.

 

 

  1. Kaca Laminasi

Laminated glass adalah jenis glass yang terdiri dari lapisan-lapisan yang ditempatkan satu di atas yang lain dan diikat bersama dengan lem atau bahan perekat lainnya. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk jam tangan yang membutuhkan tingkat perlindungan yang tinggi terhadap benturan dan pecah.

 

 

 

Melalui pemahaman yang mendalam tentang berbagai jenis glass pada jam tangan, pengguna dapat membuat pilihan yang lebih cerdas dan sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, dan preferensi mereka. Dari sapphire crystal yang mewah hingga plexiglass yang ringan, setiap jenis glass memiliki karakteristik uniknya sendiri yang dapat memengaruhi kualitas dan tampilan jam tangan secara keseluruhan.

Tingkatkan penampilan Anda dengan jam tangan wanita atau jam tangan pria Jonas Jasmin. Jam tangan original Jonas Jasmin memiliki berbagai warna dan desain, sehingga bisa dicocokan dengan keperluan Anda. Temukan jam tangan Jonas Jasmin yang menawan hanya di official online store atau di distributor terdekat.