Jonas Jasmin

Istilah-Istilah Jam Tangan yang Perlu Diketahui!

Home » Uncategorized » Istilah-Istilah Jam Tangan yang Perlu Diketahui!
Istilah jam tangan

Istilah jam tangan – Jam tangan adalah salah satu aksesoris yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Namun, di balik desain yang menawan dan teknologi yang canggih, terdapat berbagai istilah dan konsep yang perlu kita ketahui untuk memahami lebih dalam tentang jam tangan. Artikel ini akan menjelaskan beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia jam tangan untuk membantu Anda memahami lebih banyak tentang aksesori ini.

 

 

Istilah jam tangan

 

 

Istilah-Istilah Pada Jam Tangan

Untuk Anda yang masih awam dan ingin mengetahui lebih banyak tentang jam tangan, berikut ini adalah beberapa istilah yang perlu diketahui:

  1. Quartz Movement (Mesin Kuarsa): Ini adalah salah satu jenis mesin jam tangan yang paling umum. Mesin kuarsa menggunakan getaran kristal kuarsa untuk mengatur waktu. Mereka dikenal karena ketepatan waktu yang tinggi dan jarang memerlukan perawatan.
  1. Automatic Movement (Mesin Otomatis): Jam tangan dengan mesin otomatis tidak memerlukan baterai. Mereka bekerja berkat gerakan pergelangan tangan Anda yang menggerakkan rotor dalam jam, yang kemudian mengisi daya pegas.
  1. Chronograph: Fitur jam tangan yang memungkinkan Anda mengukur waktu dalam bentuk stopwatch. Biasanya memiliki tiga subdial kecil untuk menghitung detik, menit, dan jam.
  1. Bezel: Bagian luar jam tangan yang berputar. Bezel sering digunakan untuk mengukur waktu, misalnya untuk menghitung waktu penyelaman saat menggunakan jam tangan penyelam.
  1. Dial (Muka Jam): Bagian jam tangan yang menampilkan angka-angka, indeks, atau desain lain yang menunjukkan waktu. Muka jam juga dapat memiliki subdial tambahan untuk fitur seperti tanggal atau fase bulan.
  1. Crown (Korona): Bagian kecil yang dapat diputar di sisi jam tangan untuk mengatur waktu, tanggal, atau menggulir fitur lain yang mungkin dimiliki oleh jam tersebut.
  1. Lug: Bagian di mana tali jam tangan terhubung dengan kasus jam. Lugs dapat memiliki berbagai bentuk dan desain.
  1. Water Resistance (Tahan Air): Rating yang menunjukkan sejauh mana jam tangan dapat terhindar dari kerusakan akibat air. Ini sering diukur dalam meter atau atmosfer (ATM).
  1. Sapphire Crystal (Kaca Safir): Bahan yang sering digunakan untuk melindungi muka jam. Kaca safir sangat tahan terhadap goresan dan kerusakan.
  1. Complications (Komplikasi): Fitur tambahan dalam jam tangan selain menunjukkan waktu. Ini bisa termasuk tanggal, fase bulan, kalender perpetuam, atau fitur-fitur lain yang menjadikan jam tangan lebih dari sekadar alat untuk mengukur waktu.
  1. Strap (Tali): Tali jam tangan bisa terbuat dari berbagai material, seperti kulit, logam, karet, atau nilon. Pilihan tali dapat memengaruhi penampilan dan kenyamanan jam tangan.
  1. Power Reserve (Cadangan Daya): Ini adalah indikator yang menunjukkan berapa lama jam tangan akan tetap berfungsi setelah diisi penuh. Mesin otomatis sering memiliki cadangan daya.

 

Baca Juga: Panduan Membeli Jam Tangan Online yang Terpercaya

 

 

  1. Moonphase (Fase Bulan): Fitur ini menampilkan fase saat ini dari bulan, yang berguna dalam melacak kalender lunar. Biasanya, ini adalah subdial kecil dengan gambar bulan dan bintang.
  1. Tachymeter: Ini adalah skala yang digunakan untuk mengukur kecepatan. Biasanya digunakan dalam jam tangan chronograph. Dengan mengamati berapa lama yang diperlukan untuk menempuh jarak tertentu, Anda dapat menggunakan tachymeter untuk menghitung kecepatan rata-rata.
  1. Tourbillon: Tourbillon adalah sebuah mekanisme yang dirancang untuk mengatasi efek gravitasi terhadap kinerja jam tangan. Ini berfungsi dengan cara memutar seluruh mekanisme jam tangan dalam kapsul khusus. Tourbillon sering ditemukan dalam jam tangan mewah.
  1. Perpetual Calendar (Kalender Perpetuam): Jam tangan dengan kalender perpetuam dapat menampilkan tanggal, hari, bulan, tahun kabisat, dan bahkan fase bulan secara otomatis. Mereka dirancang untuk tidak perlu disesuaikan bahkan selama tahun kabisat.
  1. Flyback Chronograph: Fitur khusus pada jam tangan chronograph yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat menghentikan, mengatur ulang, dan memulai pengukuran waktu lagi dengan satu tekanan tombol. Berguna untuk mengukur berbagai kejadian yang cepat berturut-turut.
  1. Geneva Seal: Ini adalah cap kehormatan yang diberikan kepada jam tangan Swiss yang memenuhi standar kualitas tertentu. Penandaan ini menunjukkan bahwa jam tersebut dibuat dengan standar tinggi dan akurat.
  1. Lume (Luminous): Lume adalah bahan yang berpendar dalam gelap. Biasanya diterapkan pada indeks jam atau jarum sehingga jam tangan tetap terbaca dalam kondisi gelap.
  1. Horology (Horologi): Istilah ini mengacu pada ilmu yang mempelajari pembuatan jam tangan. Ini adalah disiplin ilmu yang mencakup desain, manufaktur, dan perawatan jam tangan.
  1. In-house Movement: Ini berarti bahwa mesin dalam jam tangan dibuat oleh perusahaan yang sama yang membuat jam tersebut. Ini menunjukkan tingkat kontrol dan kualitas yang tinggi atas produk tersebut.
  1. Skeleton Watch: Jam tangan dengan desain khusus yang memungkinkan Anda melihat sebagian besar mesin dan mekanisme di dalamnya melalui muka jam. Ini memberikan tampilan yang transparan dan menampilkan kerumitan kerja jam.
  1. Bi-compax and Tri-compax: Ini merujuk pada tata letak subdial pada jam tangan chronograph. Bi-compax memiliki dua subdial, sementara tri-compax memiliki tiga. Tata letak ini memengaruhi tampilan visual dari jam tangan.
  1. Rehaut: Ini adalah cincin metalik di sekitar muka jam yang berada di antara muka jam dan kaca. Rehaut sering digunakan untuk mencantumkan indeks atau skala.
  1. Lugs to Lugs: Ini adalah jarak antara lugs jam, yang merupakan bagian di mana tali jam tangan terpasang. Ukuran ini dapat memengaruhi sejauh mana jam tangan cocok pada pergelangan tangan Anda.

Ini adalah beberapa istilah dasar yang sering digunakan dalam dunia jam tangan. Memahami istilah-istilah ini dapat membantu Anda lebih menikmati dan memilih jam tangan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda.

Untuk Anda yang sedang mencari jam tangan, Jonas Jasmin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Jam tangan Jonas Jasmin memiliki beragam warna dan model yang berbeda, tentunya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lengkapi gaya Anda dengan jam tangan Jonas Jasmin.