Jonas Jasmin

Fungsi Bezel pada Jam Tangan, Tidak Hanya Sebagai Penanda

Home » Uncategorized » Fungsi Bezel pada Jam Tangan, Tidak Hanya Sebagai Penanda
Fungsi Bezel pada Jam Tangan

Fungsi Bezel pada Jam Tangan  – Sebuah jam tangan bukan hanya perangkat penunjuk waktu, tetapi juga sebuah karya seni dan rekayasa. Salah satu elemen penting yang mungkin terlihat sebagai hiasan belaka namun memiliki peran yang signifikan adalah bezel. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi fungsi bezel pada jam tangan, menyoroti bagaimana elemen ini tidak hanya menambah keindahan visual, tetapi juga memberikan fungsi yang bermanfaat.

 

Fungsi Bezel pada Jam Tangan

 

 

Fungsi Bezel Pada Jam Tangan

Di bawah ini adalah informasi mengenai beberapa fungsi bezel pada jam tangan:

  1. Penunjuk Waktu Tambahan

Bezel pada jam tangan sering kali berfungsi sebagai penunjuk waktu tambahan. Bezel ini dapat dilengkapi dengan skala waktu atau angka, memungkinkan pengguna untuk membaca waktu dalam kondisi tertentu. Sebagai contoh, bezel pada jam tangan penyelam seringkali memiliki skala 60 menit untuk mengukur waktu tenggelam.

  1. Fungsi Countdown

Beberapa bezel dirancang khusus dengan fungsi countdown. Ini berguna dalam situasi di mana pengguna perlu menghitung mundur hingga suatu peristiwa tertentu. Bezel dapat diputar sesuai dengan waktu yang diinginkan, memberikan fitur countdown yang sederhana namun efektif.

  1. Fungsi Tachymeter atau Telemeter

Bezel pada jam tangan seringkali memiliki skala tachymeter atau telemeter. Fungsi tachymeter digunakan untuk mengukur kecepatan rata-rata dalam jarak tertentu, sementara telemeter digunakan untuk mengukur jarak suara atau kilat petir. Keduanya menambah dimensi fungsional pada jam tangan.

  1. Fungsi Bidirectional atau Unidirectional

Bezel dapat berputar ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam atau searah jarum jam. Bezel yang dapat diputar ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam dan searah jarum jam memiliki fungsi yang berbeda. Bezel unidirectional seringkali digunakan pada jam tangan penyelam untuk menghindari perubahan tak sengaja waktu selama penyelaman.

  1. Ketahanan Terhadap Guncangan

Bezel juga berfungsi sebagai pelindung untuk kaca jam tangan. Dengan menonjol keluar, bezel melindungi kaca jam dari benturan atau guncangan yang mungkin terjadi selama penggunaan sehari-hari. Ini meningkatkan daya tahan dan ketahanan jam tangan terhadap kondisi eksternal.

  1. Estetika dan Desain

Meskipun memiliki fungsi fungsional yang jelas, bezel juga berkontribusi pada estetika dan desain keseluruhan jam tangan. Desain bezel dapat memberikan karakter unik pada jam tangan, membuatnya lebih menarik dan berbeda dari model lainnya.

 

 

Baca Juga: Ini Dia Fungsi Jam Tangan Sebagai Aksesoris!

 

 

 

  1. Penyesuaian Zona Waktu

Bezel pada jam tangan GMT (Greenwich Mean Time) memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan zona waktu. Bezel ini dapat diputar untuk menggambarkan zona waktu yang berbeda, memberikan kenyamanan bagi mereka yang sering bepergian antar zona waktu.

  1. Fungsi Dive atau Scuba

Bezel pada jam tangan penyelam atau scuba dirancang dengan cermat untuk memberikan fungsi penting bagi para penyelam. Bezel ini dapat diputar hanya ke arah yang berlawanan dengan jarum jam untuk mengukur waktu tenggelam secara akurat dan menghindari kesalahan waktu selama penyelaman.

  1. Fungsi Flyback pada Chronograph

Bezel dapat berkolaborasi dengan fungsi flyback pada chronograph. Ini memberikan kemampuan untuk mengukur interval waktu dengan lebih presisi dan memberikan fleksibilitas tambahan dalam pengaturan waktu.

  1. Fungsi Compass atau Kompas

Bezel pada jam tangan petualangan seringkali dilengkapi dengan fungsi kompas. Pengguna dapat menggunakan bezel ini untuk menentukan arah dengan merujuk pada mata angin atau penunjuk arah tertentu.

  1. Fungsi Altitude atau Altimeter

Pada jam tangan pemandu petualangan, bezel dapat berfungsi sebagai altimeter. Ini memungkinkan pengguna untuk mengukur ketinggian tempat dengan merujuk pada bezel dan menyesuaikannya sesuai dengan kondisi atmosfer.

  1. Fungsi Heart Rate

Bezel pada jam tangan olahraga canggih dapat berkolaborasi dengan fungsi pemantau detak jantung. Bezel ini dapat digunakan untuk mengukur denyut jantung atau mengatur zona detak jantung yang diinginkan selama latihan.

  1. Fungsi Barometer

Bezel pada jam tangan petualangan juga dapat menyertakan fungsi barometer. Ini memberikan informasi tentang perubahan tekanan udara, yang dapat memberikan petunjuk tentang perubahan cuaca.

  1. Fungsi Temperature atau Termometer

Bezel dapat memiliki fungsi termometer pada jam tangan petualangan. Meskipun tidak seakurat termometer digital, ini memberikan perkiraan suhu di sekitar pengguna.

  1. Fungsi Quick-Set

Bezel dapat dirancang dengan fungsi quick-set untuk memudahkan pengguna menyesuaikan waktu atau fungsi lain dengan cepat dan mudah.

Dalam dunia jam tangan, bezel adalah elemen yang sering kali diabaikan tetapi memiliki peran yang sangat penting. Dengan fungsi-fungsi tambahan seperti penunjuk waktu tambahan, countdown, tachymeter, dan sebagainya, bezel memberikan dimensi fungsional yang meningkatkan pengalaman pengguna. Di samping itu, desain estetis dan kemampuan untuk melindungi kaca jam menambah nilai visual dan ketangguhan jam tangan. Jadi, ketika Anda memilih jam tangan berikutnya, perhatikan bezelnya dan apresiasi keindahan dan fungsionalitas yang ditawarkannya.

Untuk Anda yang ingin menggunakan jam tangan, Anda bisa menggunakan jam tangan Jonas Jasmin yang cocok digunakan untuk berbagai kesempatan. Jam tangan Jonas Jasmin memiliki warna dan desain jam tangan yang beragam, bisa Anda gunakan untuk acara formal, informal dan juga untuk sehari-hari. Dapatkan jam tangan Jonas Jasmin di official store atau di distributor terdekat.