Jonas Jasmin

Ciri-Ciri Jam Tangan Water Resistant, Panduan untuk Anda

Home » Uncategorized » Ciri-Ciri Jam Tangan Water Resistant, Panduan untuk Anda
Ciri-Ciri Jam Tangan Water Resistant

Ciri-Ciri Jam Tangan Water Resistant – Jam tangan water resistant telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang aktif dalam berbagai kegiatan, termasuk yang melibatkan air. Kemampuan jam tangan untuk bertahan terhadap air membuatnya ideal untuk digunakan saat berenang, beraktivitas di pantai, atau bahkan hanya dalam kegiatan sehari-hari yang melibatkan kontak dengan air. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi ciri-ciri utama yang harus diperhatikan saat memilih jam tangan water resistant.

 

 

Ciri-Ciri Jam Tangan Water Resistant

 

 

Ciri-Ciri Jam Tangan Water Resistant

Jam tangan water resistant memiliki beberapa keunggulan yang menjadikan jam tangan ini banyak digunakan oleh orang-orang terutama untuk mereka yang bekerja dibidang perenang, diving atau yang lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri jam tangan water resistant:

 

 

  1. Kedalaman Air yang Dapat Ditahan (ATM/Meter)

Ciri paling penting dari jam tangan water resistant adalah kemampuannya untuk menahan air. Kedalaman air yang dapat ditahan biasanya diukur dalam atmosfer (ATM) atau meter. Sebagai contoh, jam tangan dengan rating 5 ATM mampu bertahan di kedalaman 50 meter. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan aktivitas air Anda.

 

 

  1. Seal dan Gasket Khusus

Jam tangan water resistant memiliki seal dan gasket khusus yang dirancang untuk mencegah air masuk ke dalam mekanisme jam. Cek apakah jam tangan dilengkapi dengan seal berkualitas tinggi dan gasket yang rapat untuk menjaga kekeringan dalam.

 

 

  1. Material Tahan Korosi

Material yang tahan terhadap korosi sangat penting untuk jam tangan yang sering terkena air. Stainless steel, titanium, dan keramik adalah beberapa material yang umum digunakan karena tahan terhadap korosi.

 

 

  1. Kronograf Terkunci

Beberapa jam tangan water resistant dilengkapi dengan fitur kronograf atau stopwatch. Pastikan bahwa tutup kronografnya dapat dikunci secara rapat untuk mencegah air masuk dan merusak fungsi kronograf.

 

 

  1. Tombol dan Krown Anti-Air

Tombol dan krown (matahari) pada jam tangan water resistant harus dirancang agar tahan air. Desain yang baik akan mencegah air masuk melalui sambungan dan memastikan fungsionalitas tetap utuh.

 

 

 

Baca Juga: Perbedaan Jam Tangan Water Resistant dan Waterproof

 

 

 

  1. Kaca Tahan Gores

Kaca jam tangan water resistant biasanya terbuat dari material tahan gores, seperti safir atau mineral crystal. Kaca yang tahan gores akan melindungi tampilan jam dari kerusakan akibat goresan.

 

 

  1. Indikator Tahan Air

Sebagian besar jam tangan water resistant dilengkapi dengan indikator tahan air yang menunjukkan apakah jam tersebut dalam kondisi tahan air atau tidak. Pastikan untuk memahami dan mematuhi petunjuk tersebut.

 

 

  1. Strap Tahan Air

Strap atau gelang jam tangan juga perlu tahan air untuk mencegah penyerapan air yang dapat merusak bahan. Strap karet atau tali nylon seringkali menjadi pilihan yang baik.

 

 

  1. Sertifikasi dan Uji Kedap Air

Beberapa jam tangan water resistant telah melewati uji ketat dan mendapatkan sertifikasi dari lembaga tertentu. Mencari sertifikasi seperti ISO 6425 untuk jam tangan diver dapat memberikan keyakinan tambahan terhadap kualitas tahan airnya.

 

 

  1. Perawatan dan Uji Berkala

Terlepas dari kemampuan tahan air jam tangan, perawatan dan uji berkala tetap diperlukan. Pastikan untuk menjaga seal dan gasket dalam kondisi baik, dan lakukan uji kedap air secara berkala oleh ahli jam tangan.

 

 

 

 

Dengan memahami ciri-ciri utama jam tangan water resistant, Anda dapat membuat pilihan yang cerdas dan sesuai dengan kebutuhan aktivitas harian atau kegiatan air tertentu. Pastikan untuk memperhatikan rating kedalaman air, material, serta fitur dan desain anti-air untuk mendapatkan jam tangan yang tidak hanya tampil stylish, tetapi juga andal di berbagai situasi.

Jam tangan water resistant dengan tingkat kedalaman yang tinggi memang memiliki harga yang relative mahal. Maka dari itu, untuk Anda yang sedang mencari jam tangan water resistant, tentunya Anda harus memilih tipenya berdasarkan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan jam tangan water resistant yang bisa digunakan sehari-hari yang ringan, Anda bisa menggunakan jam tangan wanita atau jam tangan pria Jonas Jasmin. Dapatkan jam tangan wanita dan jam tangan pria dengan desain yang beragam hanya di official store atau distributor terdekat.