Jonas Jasmin

Apa Itu Jam Tangan Waterproof, Ketahui Disini!

Home » Uncategorized » Apa Itu Jam Tangan Waterproof, Ketahui Disini!
apa itu jam tangan waterproof

Apa Itu Jam Tangan Waterproof – Jam tangan memiliki beragam fungsi dan juga jenis gang berbeda dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saat ini jam tangan memiliki banyak fitur canggih, salah satunya adalah fitur waterproof.

Lantas, apa itu fitur waterproof pada jam tangan? Simak informasi ini.

apa itu jam tangan waterproof

 

Apa Itu Jam Tangan Waterproof

Jam tangan waterproof adalah jam tangan yang dirancang untuk tahan terhadap air dan kelembapan. Fitur ini memungkinkan jam tangan tersebut digunakan dalam berbagai situasi di mana terpapar air atau kelembapan adalah suatu kemungkinan, seperti saat berenang, menyelam, beraktivitas di luar ruangan di tengah hujan, atau bahkan hanya saat mencuci tangan.

Untuk membuat jam tangan menjadi waterproof, beberapa aspek teknis perlu diperhatikan. Pertama, material kasus jam tangan harus tahan terhadap air dan tidak mudah rusak oleh kelembapan. Bahan yang sering digunakan dalam jam tangan waterproof adalah stainless steel, titanium, atau plastik yang tahan air.

Selain kasus, bagian yang sangat penting adalah kerapatan antara komponen jam tangan. Area-area sensitif seperti mesin, baterai, dan bagian pengatur waktu harus dilindungi agar tidak terkena air. Ini dilakukan dengan menggunakan segel karet atau perangkat penyegel lainnya untuk mencegah air masuk ke dalam jam tangan. Selain itu, beberapa model jam tangan waterproof dilengkapi dengan penutup belakang yang dipasang dengan sekrup untuk menjaga kekencangan dan kekedapan air.

Kemudian, penting juga untuk menjaga kekedapan air pada area yang rentan seperti kronograf, tombol pengatur, dan tali jam. Komponen-komponen ini juga perlu dilengkapi dengan segel atau perlindungan khusus agar tetap tahan terhadap air.

Terdapat berbagai level kedap air pada jam tangan yang diindikasikan oleh angka-angka tertentu. Angka-angka tersebut menunjukkan ketahanan jam tangan terhadap tekanan air pada kedalaman tertentu. Misalnya, 30 meter (3 ATM) menandakan bahwa jam tangan dapat bertahan terhadap cipratan air dan kelembapan sehari-hari, tetapi tidak cocok untuk digunakan saat berenang. Sementara itu, 100 meter (10 ATM) menunjukkan bahwa jam tangan dapat digunakan saat berenang dan melakukan kegiatan air ringan. Untuk diving yang lebih serius, biasanya diperlukan tingkat kedap air yang lebih tinggi seperti 200 meter (20 ATM) atau lebih.

Perlu dicatat bahwa meskipun jam tangan tersebut tahan terhadap air, penggunaan yang tepat tetaplah penting. Pemakaian jam tangan dengan tombol yang tidak dikunci atau dalam situasi ekstrim dapat mengakibatkan kerusakan pada fungsi kedap airnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membaca panduan penggunaan yang disertakan dengan jam tangan tersebut dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh produsen.

Dengan demikian, jam tangan waterproof dirancang untuk memberikan ketahanan terhadap air dan kelembapan sehingga penggunanya dapat menggunakannya dalam berbagai situasi tanpa perlu khawatir tentang kerusakan akibat kontak dengan air.

 

Baca Juga: Apa Itu Jam Tangan Water Resistant 

 

 

Sejarah Jam Tangan Waterproof

Jam tangan waterproof, atau tahan air, telah menjadi fitur yang sangat populer dalam jam tangan modern. Ini memungkinkan pemakainya untuk menggunakan jam tangan mereka dalam berbagai situasi, termasuk kegiatan air seperti renang, menyelam, dan aktivitas luar ruangan lainnya yang melibatkan air.

Sejarah jam tangan waterproof dimulai pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Pada tahun 1868, seorang pria bernama Giovanni Panerai membuka toko pertamanya di kota Florence, Italia, yang menjual jam tangan, instrumen optik, dan peralatan maritim lainnya. Pada tahun 1936, Panerai bekerja sama dengan perusahaan jam tangan terkenal, Rolex, untuk mengembangkan jam tangan yang tahan air bagi Tentara Angkatan Laut Italia.

Pada saat itu, jam tangan tahan air belum umum. Namun, Panerai dan Rolex berhasil mengembangkan jam tangan tahan air pertama yang dikenal dengan nama “Radiomir”. Jam tangan ini dilengkapi dengan sistem tahan air yang inovatif, termasuk kasus yang kedap air dan mahkota sekrup untuk mencegah air masuk ke dalam jam. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan lapisan fosfor radioaktif yang memancarkan cahaya dalam kondisi gelap.

Selama Perang Dunia II, jam tangan tahan air menjadi penting bagi tentara yang terlibat dalam operasi laut. Rolex melanjutkan kerja sama dengan Panerai dan mengembangkan jam tangan tahan air lainnya yang dikenal sebagai “Submariner”. Jam tangan ini memiliki fitur tahan air yang lebih baik dan juga dilengkapi dengan bezel putar untuk membantu penyelam dalam mengukur waktu penyelaman.

Sejak saat itu, banyak merek jam tangan terkenal lainnya juga mengembangkan jam tangan tahan air. Merek seperti Omega, Seiko, TAG Heuer, dan banyak lainnya telah menciptakan jam tangan yang tahan air dengan fitur-fitur yang semakin canggih, termasuk kronograf, tampilan tanggal, dan teknologi mekanisme yang lebih presisi.

Hingga saat ini, jam tangan tahan air telah menjadi standar dalam industri jam tangan. Sebagian besar jam tangan modern memiliki tingkat tahan air yang ditentukan oleh produsen, seperti 30 meter, 50 meter, 100 meter, atau bahkan lebih. Fitur tahan air ini memungkinkan pengguna jam tangan untuk menjaga jam tangan mereka tetap berfungsi dengan baik bahkan dalam kegiatan air atau kondisi cuaca yang basah.

Itulah ulasan mengenai apa itu jam tangan waterproof beserta dengan sejarah lengkapnya. Untuk Anda yang ingin bergaya dengan menggunakan jam tangan waterproof, Anda bisa mendapatkan jam tangan tersebut di Jonas Jasmin. Jonas Jasmin menyediakan beragam jenis jam tangan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan keperluan Anda.