Jonas Jasmin

Apa Itu Jam Tangan Water Resistant

Home » Uncategorized » Apa Itu Jam Tangan Water Resistant
Apa Itu Jam Tangan Water Resistant

Apa itu jam tangan water resistant – Jam tangan memiliki beragam fungsi dan juga jenis gang berbeda dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saat ini jam tangan memiliki banyak fitur canggih, salah satunya adalah fitur water resistant.

Lantas, apa itu fitur water resistant  pada jam tangan? Simak informasi yang satu ini.

Apa Itu Jam Tangan Water Resistant

 

 

Apa Itu Jam Tangan Water Resistant?

Jam tangan water resistant adalah jam tangan yang dirancang untuk tahan terhadap paparan air dalam berbagai tingkat. Istilah “water resistant” digunakan untuk menggambarkan tingkat perlindungan jam tangan terhadap kelembapan dan cipratan air. Namun, penting untuk dicatat bahwa istilah ini tidak sama dengan “waterproof” yang berarti sepenuhnya kedap air.

Angka atau panjang yang biasa tercantum pada jam tangan water resistant mengindikasikan tingkat ketahanan terhadap air. Biasanya, angka tersebut diukur dalam meter (misalnya, 30m, 50m, 100m, 200m) dan menunjukkan seberapa dalam jam tangan dapat bertahan dalam air tanpa mengalami kerusakan. Angka ini mengacu pada tekanan air statis yang diuji dalam kondisi laboratorium, seperti tekanan yang dihasilkan oleh air yang diam atau terkadang hanya cipratan air.

Namun, perlu diperhatikan bahwa angka tersebut hanya berlaku dalam kondisi laboratorium dan tidak selalu mencerminkan keadaan sehari-hari. Aktivitas seperti menyelam, berenang, atau mandi dengan jam tangan yang memiliki tingkat ketahanan air rendah mungkin dapat merusak jam tangan tersebut. Selain itu, seiring berjalannya waktu, kemampuan tahan air jam tangan dapat berkurang karena keausan, usia, atau kondisi lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan jam tangan dalam situasi yang melibatkan air, disarankan untuk memilih jam tangan dengan tingkat ketahanan air yang sesuai dengan aktivitas Anda. Jika Anda melakukan aktivitas air yang dalam seperti menyelam, Anda mungkin membutuhkan jam tangan yang tahan air hingga kedalaman tertentu dan memiliki sertifikasi diver’s watch (jam tangan penyelam). Sebaiknya juga selalu membaca panduan pengguna atau keterangan produk dari produsen jam tangan untuk memahami batasan dan rekomendasi penggunaan mereka terkait ketahanan air jam tangan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Jam Tangan LED, Simak Informasi Ini Ya!

 

 

Sejarah Jam Tangan Water Resistant

Sejarah jam tangan water resistant dimulai pada abad ke-19 ketika jam tangan mekanik mulai populer. Pada awalnya, jam tangan tidak dirancang untuk tahan air, dan kebanyakan dari mereka rentan terhadap kerusakan akibat air. Namun, seiring perkembangan teknologi dan permintaan akan jam tangan yang lebih tahan terhadap elemen, konsep jam tangan water resistant mulai muncul.

Pada tahun 1926, Rolex, sebuah perusahaan jam tangan terkenal, memperkenalkan jam tangan water resistant pertama mereka, yaitu Rolex Oyster. Jam tangan ini dirancang dengan kasus yang kedap air dan mekanisme kunci kron yang mengunci kedap udara. Rolex Oyster menjadi terkenal setelah seorang perenang Inggris bernama Mercedes Gleitze mengenakan jam tangan tersebut saat melakukan renang lintas Selat Inggris yang berbahaya pada tahun 1927. Meskipun terpapar air selama lebih dari 10 jam, jam tangan Rolex Oyster tetap berfungsi dengan baik setelahnya, menunjukkan tingkat ketahanan air yang luar biasa.

Setelah terobosan Rolex, produsen jam tangan lainnya mulai mengikuti tren jam tangan water resistant. Pada tahun 1950-an, Omega memperkenalkan seri Seamaster yang tahan air, dan Blancpain meluncurkan model Fifty Fathoms, yang merupakan jam tangan penyelam pertama yang dirancang secara khusus untuk penggunaan di bawah air.

Teknologi jam tangan water resistant terus berkembang seiring waktu. Pada tahun 1960-an, penggunaan karet atau tali karet pada jam tangan mulai menjadi populer sebagai alternatif untuk tahan air. Selanjutnya, inovasi seperti penggunaan tali logam (bracelet) dan bahan sintetis yang tahan air semakin meningkatkan kemampuan tahan air jam tangan.

Sejak itu, produsen jam tangan terus mengembangkan teknologi untuk meningkatkan ketahanan air jam tangan. Dengan adanya teknologi segel gasket, penutup belakang sekrup, dan mahkota yang dapat dikunci, jam tangan water resistant semakin andal dalam melindungi komponen internal dari kerusakan akibat air.

Hingga saat ini, ada berbagai tingkat ketahanan air yang ditawarkan oleh produsen jam tangan, mulai dari yang hanya tahan cipratan air hingga jam tangan khusus untuk menyelam di kedalaman yang signifikan. Jam tangan water resistant telah menjadi fitur yang umum ditemukan pada jam tangan modern, baik yang mekanik maupun yang berbasis teknologi digital.

Itulah ulasan mengenai apa itu jam tangan water resistant beserta dengan sejarah lengkapnya. Untuk Anda yang ingin bergaya dengan menggunakan jam tangan water resistant, Anda bisa mendapatkan jam tangan tersebut di Jonas Jasmin. Jonas Jasmin menyediakan beragam jenis jam tangan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan keperluan Anda.